Our story, our value

Ismuddin lahir di Bukittinggi tanggal 28 Oktober 1957, masa kecil sampai SMP dihabiskan di Dumai, tahun 1974 melanjutkan ke STMN Bukittinggi dan tahun 1977- 1982 kuliah di Fak. Teknik Sipil UII Yogyakarta, mulai September 1982 bekerja dan berdomisili di Jakarta. Putri saya ada dua, Dahlia Ratnasari dan Mega Puspitasari.

Bulan Desember tahun 1983 saya diterima sebagai karyawan pada PT. Pembangunan Perumahan, sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dalam bidang jasa konstruksi di Jakarta. Ditempatkan sebagai staf urusan teknik di proyek pembangunan Gedung Aula Mabes AL di Cilangkap Jakarta Timur. Waktu itu saya masih bekerja di PT. Konsultasi Pembangunan, sebuah perusahaan swasta yang bergerak dalam bidang konsultan perencana sebagai Konstruktor (menghitung konstruksi) yang berlokasi di Gedung CTC jalan Kramat Raya. Konstruksi gedung yang saya hitung waktu itu adalah Hotel Mutiara di Ambon.

Pekerjaan saya sebagai staf urusan teknik adalah membuat perencanaan untuk pelaksanaan proyek dengan menerapkan konsep managemen proyek, karena saat itu di PT. Pembangunan Perumahan sudah menggunakan Mini Computer, merk Wang. Di Indonesia waktu itu baru ada komputer mikro atau IBM PC/XT buatan IBM, yang baru dirilis pada tanggal 8 Maret 1983, di Indonesia masih sangat jarang perusahaan yang mampu membeli Mini Computer, karena harganya masih sangat mahal. Saya harus membuat Cash Flow Proyek yang harus dituangkan dalam ratusan halaman form yang nantinya diinput kedalam komputer di kantor pusat. Cash Flow sendiri merupakan hasil akhir dari berbagai pekerjaan. Untuk membuat cash flow kita harus membuat RAP (Rencana Anggaran Pelaksanaan), analisa biaya pekerjaan, Material Schedule, Upah Schedule dsbnya. Pengalaman dan pengetahuan di bidang managemen proyek inilah yang nantinya saya tuangkan dalam Program SIAP Kontraktor, tetapi tidak lagi dilakukan secara manual melainkan semuanya sudah dapat dilakukan dengan komputer yang terkoneksi dari proyek ke kantor pusat melalui jaringan internet.

Sebelum ke Jakarta saya sempat bekerja di Padang (1982) pada PT. Gama Krida Karya, sebuah perusahan konsultan perencana, juga sebagai Konstruktor. Waktu itu untuk membuat perhitungan konstruksi beton saya sudah menggunakan sebuah Calculator Casio yang hebat sekali, karena layar displaynya sudah 4 baris dan mempunyai media penyimpanan datanya berupa sebuah kaset sony yang berukuran kecil yang biasa dipakai menyimpan rekaman audio. Casio itu, bisa di program menggunakan bahasa Pemrograman Basic, juga dilengkapi dengan sebuah printer thermal yang ukuran hasil cetaknya kecil sekali, seperti yang kita temui sekarang pada mesin kasir di supermarket. Dengan Casio itu saya bisa melakukan perhitungan konstruksi beton untuk pembangunan Kampus Universitas Bung Hatta dengan sangat cepat, bila dibandingkan kalau harus melakukan secara manual. Casio ini telah memberi pengaruh yang sangat besar dalam ketertarikan saya selanjutnya di bidang pemrograman komputer.

Sebelum di Padang, ketika masih kuliah di Fak. Teknik Sipil UII Yogyakarta (1977-1982) saya bekerja di PT. Gunung Jati &U, sebagai pelaksana lapangan,  itu merupakan karyawan dengan level paling bawah dalam dunia konstruksi. Ketika itu saya terlibat dalam pembangunan Jembatan di Kali Kuning, saluran Mataram dan Check Dam di lereng gunung Merapi. Disitu awal saya bekerja dan mengimplementasikan pelajaran yang saya dapat sejak di STMN Bukittinggi (1974-1976) dan Fakultas Teknik Sipil. Hanya setahun sebagai pelaksana lapangan saya pindah lagi ke sebuah perusahaan Konsultan PT. Kerta Gana. Disitu saya menjabat sebagai konstruktor dan Koordinator Pengawas lapangan. Hasil hitungan konstruksi yang saya buat diantaranya adalah untuk Gedung Rektorat Universitas Nusa Cendana di kupang NTT dan sebuah gedung kuliah berlantai 3 di IKIP Yogyakarta.

Pindah-pindah Kerja

Pada tahun 1988 saya mengundurkan diri dari PT. Pembangunan Perumahan, selanjutnya bekerja di PT. Total Bangun Persada yang sedang melaksanakan pembangunan Hotel Reagent (sekarang bernama Four Seasons Hotel) di jln. Rasuna Said Jakarta. Selang setahun berkerja di PT. Total Bangun Persada, saya di ajak bergabung oleh seorang teman yang merupakan pemilik perusahaan konstruksi baja PT. Inasa Wahana Lestari untuk bergabung di perusahaannya.

Mendirikan Perusahaan

Setelah merasakan berbagai pengalaman bekerja dengan berbagai jabatan di bidang konstruksi, maka pada tahun 1990 dengan beberapa teman alumni Teknik Sipil UII, kami mendirikan perusahaan Kontraktor PT. Turangga Panca Nusa, saat itu kami sudah bisa mempunyai Personal Komputer PC/XT rakitan, yang mempunyai harddisk 10 Mb (Sepuluh Megabyte !!!). Kenapa saya bilang begitu, karena umumnya komputer saat itu hanya memiliki disk drive saja, semua program dan data disimpan dalam disket, umumnya program yang dipakai adalah WordStar dan Lotus 123. Disitu kembali keinginan saya untuk membuat program komputer bangkit lagi, dengan menggunakan dBase III Plus saya mulai membuat program pengendalian proyek, untuk dipakai sendiri.

Program SiAktor

Setelah menggeluti dBase III Plus, saya mulai belajar Clipper dan FoxBase kemudian FoxPro (yang merupakan cikal bakal Visual FoxPro). Program komputer pertama akhirnya di beli oleh PT. Panca Guna Utama pada tahun 1992. Tidak bisa dielakkan saya harus mulai belajar Akuntansi untuk membangun program dan memenuhi permintaan klien. Selesai membangun program untuk PT. Panca Guna Utama saya ditawari untuk bekerja di PT. Desira Guna Utama, yang masih merupakan perusahaan dengan pemilik yang sama. Selama mengelola PT. Desira Guna Utama yang bergerak dalam bidang Stone Quarry, selain menjadi manager pabrik, saya juga membuat program untuk kepentingan perusahaan. Untuk mengupdate data di kantor pusat, setiap hari ada kurir yang rutin mengantarkan data dari pabrik ke kantor yang berjarak 60 Km. Jangan Anda membayangkan untuk memakai internet waktu itu karena perusahaan penyedia internet (ISP) baru berdiri di indonesia tahun 1994, yaitu INDONET. Setahun bekerja akhirnya saya meninggalkan dunia kontstruksi dan mendirikan perusahaan Software House PT. Mega Data Dirganusa pada tahun 1994 dan berkantor di Hayam Wuruk Plaza lantai 4. Program komputer yang kami pasarkan hanya khusus untuk perusahaan kontraktor yaitu SiAktor (Sistem Informasi Akuntansi Kontraktor). PT Sac Nusantara adalah salah satu pemakai program SiAktor pada tahun 1994. Dan juga PT. Tamako Raya Perdana yang memakai SiAktor pada tahun 1995 dan kemudian berlanjut dengan memakai SIAP Kontraktor pada tahun 2008.

Badai Krismon

Tahun 1995 Microsoft merilis Visual FoxPro versi 3, belajar lagi …, ketika itu rata-rata program masih under DOS, saya mulai membuat program under Windows dengan platform OS Windows 95. Program SiAktor terus berkibar dan dipakai oleh banyak perusahaan kontraktor, mulai dari kontraktor kecil, menengah dan besar sampai dengan krisis moneter tahun 1997/1998. Dalam kurun waktu itu kami juga membangun program SINAU - Sistem Informasi Akuntansi Umum untuk PT. Bakrie Swasakti Utama untuk mengelola pembanguan dan penjualan Taman Rasuna Apartment dan HOIST - Hospital Information System untuk Rumah Sakit Haji Jakarta, semuanya dibangun dengan Visual FoxPro Ver.3

Program SIAP

Setelah Krismon dengan menggunakan Visual FoxPro ver.6 orientasi program komputer yang kami buat beralih ke kebutuhan perusahaan secara umum, yaitu Program Komputer Akuntansi dengan nama SIAP (Sistem Informasi Akuntansi Perusahaan), telah berpuluh perusahaan dengan bidang usaha yang beragam pula mendapat manfaat dari program SIAP sejak tahun 2000. Setelah usaha konstruksi kembali hidup dan bergairah, mulai tahun 2003 kami mulai merancang ulang program komputer untuk kontraktor dan kini sudah siap untuk mendampingi kontraktor Indonesia dengan program komputer SIAP Kontraktor. Program SIAP antara lain dipakai oleh PT. Wahana Citra Nabati sejak tahun 2002 dan PT. Arkon Prima Indonesia sejak tahun 2004.

Program SIAP Kontraktor

Program ini berisi sangat banyak fitur-fitur yang dibutuhkan oleh perusahaan kontraktor, hampir semua pengalaman kami dibidang Jasa Konstruksi dan Pemrograman Komputer selama lebih dari 25 tahun tertuang disini, kami memiliki pengalaman yang sangat banyak dan beragam dengan para klien kami, dan itu menjadikan kami faham betul apa yang dibutuhkan oleh seorang pemilik perusahaan dalam mengelola usahanya. Dengan sebuah laptop dan dilengkapi program SIAP Kontraktor, dimanapun berada selama masih tersedia koneksi internet, maka Anda dapat mengikuti dan mengelola proyek dan perusahaan secara real time. Setiap transaksi apakah di kantor pusat, kantor cabang atau proyek akan tersimpan langsung ke Server di kantor pusat. Kami merasa bersyukur , karena salah satu pemakai SIAP Kontraktor telah berhasil Go Public pada tahun 2013, yaitu PT. Acset Indonusa Tbk. Dan juga dipakai oleh PT. Indonesia Pondasi Raya sejak tahun 2007, yang merupakan perusahaan Foundation Specialist yang telah berdiri sejak tahun 1977.

Program Kanti Kontraktor

Pada Januari 2015, terinspirasi bahwa program SIAP Kontraktor yang sudah dipakai oleh berbagai perusahaan kontraktor, dan sudah berperan sebagai Kanti (Teman) yang mendampingi ratusan user setiap harinya, maka kami memilih untuk mengubah namanya menjadi "Kanti" lengkapnya "Kanti Kontraktor".

Belajarlah Sebelum Kamu Tidak Bisa Lagi Belajar.

Meet the team

Ismuddin
Founder
Budiono
Co-Founder
Sonny
Product Designer
Dahlia
Back-end Developer
Mega
Front-end Developer
Ecky
Front-end Developer

Press Kit

Untuk informasi lebih lanjut tentang software yang kami kembangkan silakan klik tombol Download.

Please contact us if you need more materials.

Download Proposal Kanti
Choose Colour