Belajar ...

Belajar dBase III

Tahun 1988 saya membeli sebuah buku berjudul ADVANCED dBASE III Programming and Techniques, pengarangnya Miriam Liskin. Yang terpikir saat itu saya kepingin belajar membuat program untuk mengelola database, hal ini terdorong oleh perusahaan tempat saya bekerja yaitu PT. Pembangunan Perumahan - Jakarta yang menerapkan sebuah konsep pengendalian proyek berjudul EBPP (Evaluasi Biaya Pelaksanaan Proyek) yang dibuat dengan Program dBase III.

Ketika saya menulis kisah ini, kejadiannya sudah 27 tahun yang lalu. Saat itu komputer atau PC (Personal Computer) masih merupakan barang mahal dan sangat jarang yang punya, kebetulan diproyek saya sudah pakai PC IBM Compatible dan perlu diketahui komputer tersebut tidak punya harddisk, hanya dilengkapi dengan 2 buah ploppy disk ukuran 5ΒΌ", yang bolak balik harus diganti tergantung program apa yang akan dijalankan.

Image Source: Koleksi pribadi

Jangan tunda-tunda, segera mulai

Saya mulai belajar secara otodidak, modalnya hanya modal nekad, dan ternyata bisa. Saya ingin menyampaikan, bahwa ketika kita sudah mulai berjalan walaupun baru satu langkah, maka jarak tujuan kita sudah semakin dekat, karena jaraknya sudah berkurang satu langkah.

Mulai Usaha Software

Berjalannya waktu saya semakin menikmati dunia pemrograman, dari dBase III saya terus mempelajari dBase IV, Clipper dan FoxPro. Tahun 1990 setelah punya PC sendiri saya semakin fokus belajar hingga pada tahun 1992 dengan mamakai FoxPro akhirnya berhasil membangun sebuah aplikasi khusus untuk kontraktor dan dipakai oleh PT. Panca Guna Utama - Jln. Abdul Majid No.10 Jakarta Selatan

Image Source: Koleksi pribadi

Mendirikan Perusahaan

Tahun 1994 saya bersama Puji Hastono , Suwarno dan Darmono mendirikan perusahaan PT. Megadata Dirganusa, kami mengembangkan software khusus untuk kontraktor dengan nama SiAktor (Sistem Akuntansi Kontraktor) kami berkantor di Hayamwuruk Plaza lt.4 - Jl. Hayamwuruk Jakarta. Masa itu belum ada CD, untuk instalasi pada komputer klien masih memakai disket seperti gambar dibawah. Program SiAKtor waktu itu sudah bisa berjalan pada jaringan LAN dan bisa dipakai oleh banyak user (multi user). Untuk server menggunakan program Novell Netware dan jaringan LAN memakai kabel Coaxial belum pakai UTP seperti sekarang. Salah satu pemakai SiAktor adalah PT. Bakrie Swasakti Utama (Bakrie Group) yang waktu itu sedang membangun Apartement Taman Rasuna.

Image Source: Koleksi pribadi
Choose Colour